Software Accurate : Saldo Awal Untuk Inventory


Accurate Software Akuntansi
“Selamat Tahun Baru” pengguna setia Software Accurate ,

Sewaktu Implementasi di tempat klient pernah mendapat pertanyaan bagaimana cara mengisi saldo awal barang dan jasa di dalam program Accurate, akan tetapi lokasi barangnya ini tersebar di berbagai tempat ?
Sebagai Informasi tambahan bahwa perusahaan ini bergeak di dalam bidang garment yang sebagian besar produknya adalah “konsinyasi”

Contoh : PT. PLM bergerak di bidang konveksi dan garment dimana sebagian besar produknya konsinyasi. Jenis barang beragam dan tersebar di berbagai macam tempat. Pertanyaannya adalah “Bagaimana cara menginput saldo awal di dalam program?”
Pada dasarnya saat mengimport barang dan jasa dalam program ,program ini hanya dapat membaca dari satu gudang .
Jadi Misal nya baju “ A” terdapat di gudang “MD” ada 2 pcs, lalu di gudang “DB” ada 5 pcs , lalu di gudang “YG” ada 7 pcs , maka program waktu di import hanya bisa membaca ke satu gudang tidak bisa langsung dibagi bagi ke dalam masing masing gudang tersebut , Maka akibatnya baju “ A” yang tadi di masing masing gudang ada 2,5 dan 7 pcs akan terakumulasi dalam satu gudang menjadi 14 pcs.
Akan tetapi anda tidak perlu takut, ada 2 macam cara yang bisa anda lakukan apabila menemui masalah seperti ini.

Cara pertama adalah :
1.Saat anda mengimport dari “ Microsoft excel” untuk tabel barang dan jasa ( format untuk barang dan jasa di sesuikan dengan format yang udah ada di dalam program ) pada kolom “gudang” di buat ke dalam satu gudang.
Contohnya dalam hal ini di buat ke dalam “gudang pusat “ serta di kolom kuantitas di isi jadi 12 pcs . Jadi barang ini kita anggap kita satukan kedalam satu gudang terlebih dahulu.

2. Setelah anda melakukan proses import dari tabel barang dan jasa kedalam Software Accurate , maka di dalam program ini sekarang akan terbaca bahwa ada barang “A” sejumlah 12 pcs di “gudang pusat” . Hal ini jelas tidak benar karena kuantitas total yang 12 pcs ini tersebar di tiga gudang. Yang mana masing masing adalah :adalah di gudang “MD” 2 pcs, gudang “DB” 5 pcs serta gudang “YG” 7 pcs. Tetapi anda tidak perlu kuatir, program accurate menyediakan fitur “pindah gudang”. Jadi anda bisa menggunakan fitur tersebut . Cara nya adalah :
- Aktivitas
- Persediaan
- Barang dan jasa
- Pindah barang ( Pindah barang dari “gudang pusat” ke gudang “MD”)
Maka sekarang barang di “Gudang pusat” akan menjadi 10 pcs dan “ gudang MD “ akan menjadi 2 . Lakukan hal yang sama untuk di gudang gudang yang lain

Cara kedua adalah :
1.Anda waktu mengimport dari “ Microsoft excel” untuk tabel barang dan jasa ( format untuk barang dan jasa di sesuikan dengan format yang udah ada di dalam program ) pada kolom “kuantitas” kita buat Nol aja , jadi waktu nanti kedalam program akan dibuat NOL
2.Langkah selanjutnya adalah kita mengisi kuantitas dan HHP barang ke dalam masing- masing barang , Cara nya adalah :
- ke daftar
- barang dan jasa
- klik 2 kali barang yang di maksud
- lalu isi di gudang nya dengan nama gudang , isi kuantitas dan isi HPP nya , bisa di isi di masing masing gudang

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pengguna Software Accurate .


Jika Anda membutuhkan Software Accurate , presentasi (demo Software Accurate ), training atau implementasi Software Accurate , silahkan menghubungi saya:

Supandi
Telp     : 021-5308617 / 70404100
Fax     : 021-5308619
Sms     : 083877177119
BBM   : 274134C7 
E-mail : marketing@asc-intl.com

Ditulis oleh: Accounting Solution Center Sales & Trainer Program / Software Accurate Updated at : 10:37