Software Accurate : Mencatat Transaksi Pembayaran Dengan Merchant Card


Accurate Software Akuntansi



Penulis pernah mendapat pertanyaan saat memberikan training di salah satu Rumah Sakit ternama di daerah Jakarta Utara.
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara untuk mencatat Transaksi Pembayaran dari Pasien dengan Merchant Card, misal memakai kartu kredit Visa, Master, Debet atau sejenisnya?”
Dan “Bagaimana cara untuk men-sinkronkan transaksi Merchant Card dengan dana yang tercatat secara Kredit di Rekening Bank?”

Apakah Anda tahu bagaimana caranya?
Caranya adalah:
1. Sebelumnya buatlah terlebih dahulu akun dari setiap Merchant Card yang ada ke
dalam daftar akun di Software Accurate , dengan tipe akun = Cash/Bank. Sebagai contoh :
Merchant Card BCA.

2. Saat mencatat transaksi pembayaran dari Pasien, pilihlah akun Merchant Card yang
bersangkutan di kotak “Bank” di Penerimaan Pelanggan/Customer Receipt.

3. Masukkan tanggal transaksi tersebut di kotak “Payment Date” dan di kotak “Cheque
Date”.

4. Saat Dana dari Merchant Card tersebut masuk ke Rekening Bank, buatlah Bukti
Jurnal Umum/Journal Voucher dengan cara :
a. di Form Journal Voucher, isikan tanggal sesuai dengan tanggal masuk dana di rekening Koran.
b. pilihlah akun Bank yang bersangkutan (misal: BCA) dan masukkan nilainya di kolom Debit.
c. Pilihlah akun Merchant Card BCA dan masukkan nilainya di kolom Credit.
d. Simpanlah transaksi tersebut

5. Otomatis saldo Merchant Card BCA akan nol karena angkanya sudah kita pindahkan ke
akun Bank BCA.

Regads
Accurate-accounting



Jika Anda membutuhkan Software Accurate , presentasi (demo Software Accurate  ), training atau implementasi Software Accurate , silahkan menghubungi saya:
Supandi
Telp     : 021-5308617 / 70404100
Fax     : 021-5308619
Sms     : 083877177119
BBM   : 274134C7 
E-mail : marketing@asc-intl.com

Ditulis oleh: Accounting Solution Center Sales & Trainer Program / Software Accurate Updated at : 14:24