Software Accurate : Cara Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile)

Accurate Software Akuntansi


kali ini Software Accurate memberikan tips and trick tentang cara rekonsiliasi bank

Simak langkah-langkah berikut ini :
  1. Dari Activitas - Cash/Bank - Bank Reconcile
  1. Pilih Bank yang akan di rekonsiliasi
  1. Atur tanggal Rekonsiliasi. Tgl rekonsiliasi identik dengan saldo Rekening Koran yang sedang kita mau rekonsiliasi dengan pencatatan kita di Accurate. Misal yang sedang dipegang adalah Rek Koran per 30 Januari 2011, maka isi tanggal rekonsliasi dengan tgl tsb.
  1. Isi field New Statement Balance. Diisi dengan Saldo Rek Koran per tgl ReconcileDate.
  1. Centang kolom Clear yang ada disetiap baris transaksi bank tsb jika transaksi tsb sudah sesuai dengan rek koran.


  • Calculate Statement Balance adalah saldo akumulatif dari semua transaksi yang sudah kita Clear dari awal sd rekonsiliasi sekarang ini atas Bank bersangkutan.
  • Jika ditemukan ada Clear yang warna Merah di baris transaksi tertentu, ini karena transaksi tsb sudah di rekonsiliasi di tgl Reconcile Date didepan tanggal
  • Reconcile Date yang sedang kita kerjakan. Misal sekarang sedang rekoncile tgl 30 Juni, namun per 1 Juli kita sudah rekonsiliasi dan clear transaksi tsb.
  • Jika ditemukan transaksi yang ada di Rekening Koran dan di Accurate belum ada, silakan diinput di Accurate dari form transaksi biasanya transksi tsb diinput.

  • Jika sebalikannya, jika diperlukan adjustment silakan buat adjustment, atau barangkali revisi transaksi di Accurate, tgl nya barangkali dll.
  • Jadi pada dasarnya rekonsiliasi disini tidak pengaruh ke Laporan Keuangan, hanya tools untuk membantu kita bisa samakan dengan rek koran.


    Jika Anda membutuhkan Software Accurate , presentasi (demo Software Accurate ), training atau implementasi Software Accurate , silahkan menghubungi saya:
    Supandi
    Telp     : 021-5308617 / 70404100
    Fax     : 021-5308619
    Sms     : 083877177119
    BBM   : 274134C7 
    E-mail : marketing@asc-intl.com

Ditulis oleh: Accounting Solution Center Sales & Trainer Program / Software Accurate Updated at : 14:45